Sabtu, 22 Agustus 2020

Cara Tepat Lakukan Tes Kehamilan di Rumah

Tes kehamilan kini bisa dilakukan dengan mudah di rumah menggunakan alat yang disebut test pack. Produk test pack yang beredar di pasaran pun sangat bervariasi dengan tingkat keakuratan yang berbeda-beda. Keakuratan hasil tes bisa juga dipengaruhi oleh cara pemeriksaan. Berikut adalah cara tepat melakukan tes di rumah.

Cara Tepat Lakukan Tes Kehamilan di Rumah

1. Pilih Produk yang Tepat

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin memeriksa status kehamilan di rumah adalah memilih test pack. Pilihlah produk test pack yang berkualitas dan sudah terbukti bisa memberi hasil akurat. Periksa juga tanggal kedaluwarsa test pack agar Anda bisa mendapatkan hasil yang akurat dan bisa dipercaya.

2. Pilih Waktu

Ternyata waktu pemeriksaan juga bisa berpengaruh pada hasil yang akan diberikan. Keakuratan hasil tes bisa dipengaruhi oleh kapan Anda melakukan tes tersebut. Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan status kehamilan menggunakan test pack kurang lebih 1 hingga 2 minggu setelah berhubungan intim dengan pasangan.

Anda juga bisa melakukan pemeriksaan satu hari setelah terlambat haid. Sangat disarankan untuk menggunakan test pack di pagi hari saat bangun tidur. Di pagi hari, urine masih pekat dan hasil yang Anda dapatkan akan semakin akurat.

3. Baca Petunjuk

Ada beberapa jenis test pack yang bisa Anda gunakan. Setiap tipe test pack memiliki cara penggunaan yang berbeda-beda. Demi mendapatkan hasil yang akurat, Anda harus membaca petunjuk pemakaian terlebih dahulu. Pastikan Anda menggunakan test pack sesuai dengan petunjuk tersebut.

Misalnya untuk jenis test pack strip. Test pack ini perlu dicelupkan ke urine selama 5 hingga 10 detik. Bagian yang dicelupkan juga harus tepat. Selain itu, waktu pencelupan juga sebaiknya sesuai petunjuk. Jika penggunaannya sudah tepat maka hasil yang didapatkan juga pasti lebih akurat.

4. Jangan Terburu-buru

Usahakan untuk tidak melakukan tes terlalu dini. Misalnya, beberapa hari setelah berhubungan intim langsung melakukan tes. Kemungkinan besar hasilnya akan negatif dan malah membuat mental menjadi down karena hasil tidak sesuai harapan.

5. Ulangi Kembali

Tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan lebih dari satu kali. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa hasil yang didapatkan memang akurat. Anda bisa menggunakan jenis test pack yang berbeda supaya hasil yang diperoleh bisa lebih terpercaya.

6. Hindari Konsumsi Obat

Pada saat akan melakukan pemeriksaan status kehamilan, lebih baik Anda tidak mengonsumsi obat-obatan apapun. Konsumsi obat bisa menyebabkan perbedaan hasil tes yang dilakukan pada urine Anda. Hentikan konsumsi obat apapun demi mendapatkan hasil yang akurat.

Jika memang hasil dari test pack adalah positif, maka waktunya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan. Usahakan untuk datang ke dokter kandungan segera setelah Anda menemukan hasil positif pada test pack. Setelah dipastikan positif, jaga kesehatan dan persiapkan diri dengan ilmu parenting untuk merawat si kecil.

0 komentar:

Posting Komentar